Kabel UTP Belden USA CAT 6

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 26 Januari 2013

Kabel UTP (Unshied Twisted Pair) berfungsi sebagai penghubung dalam jaringan komputer yang menggunakan media kabel. Tentu kabel jenis ini sudah tidak asing lagi bagi mereka yang berkecimpung dalam jaringan komputer. Di pasaran tersedia beberapa pilihan untuk kabel UTP, namun kalau saya boleh menyarankan sebaiknya pilih kabel UTP yang benar-benar berkualitas untuk jaringan kabel anda.

Berdasarkan pengalaman pribadi, selama ini saya lebih suka memakai kabel UTP merek BELDEN 7814A CAT 6 yang original USA. Kualitasnya boleh diacungi jempol. Urat kawatnya cukup bagus, berdiameter 0,573mm (23 AWG). American Wire Gauge (AWG) merupakan standardisasi yang telah digunakan sejak 1957 untuk kawat konduksi listrik.

Pemasangan konektor RJ-45 juga sangat mudah dan sekali-jadi. Sebelumnya saya memakai kabel UTP merek lain yang lebih murah, dan sering dibuat jengkel akibat harus mengulang lebih dari satu kali setial kali melakukan pemasangan konektor RJ-45. Setiap kali pasang konektor RJ-45 selalu saja ada kurat kabel yang tidak sambung. Ini sangat menjengkelkan!

Memang untuk harga terbilang mahal bila dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu sekitar 1,6 Juta untuk kabel sepanjang 1000 feet atau 305 meter. Kalau membeli eceran, biasanya dibandrol sekitar Rp. 5.000,- per meter. Meski mahal, namun itu sebanding dengan kualitasnya.


{ 1 komentar... read them below or add one }

daun bungkus papua mengatakan...

joss gandos

Posting Komentar