Perbandingan Antara Kabel RG316 dan RG58

Diposting oleh Unknown on Senin, 11 Februari 2013

Bermula dari melihat kabel pigtail RG316 yang terpajang di etalase antarlangit.com saya jadi tertarik untuk membeli guna keperluan ujicoba. Kata mbak si penjual, teknisi banyak merekomendasikan ini karena lebih bagus daripada pigtail yang memakai kabel RG58. Nah, ini yang membuat saya tertarik untuk membuktikannya!

Secara fisik kabel RG-316 memiliki ukuran diameter lebih kecil daripada RG-58. Ini merupakan kabel coaxial berpelindung anyaman tunggal dan memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi karena memakai bahan dielektrik berupa teflon. Kabel RG-316 cocok untuk penggunaan pada GPS, WIFI, MLS dan TCAS.


Berikut tabel perbandingan karakteristik antara kabel RG316 dan RG58.


Meskipun sama-sama memiliki impedansi 50 ohm, namun terdapat perbedaan menyolok pada frekuensi maksimal pemakaian. Kabel RG316 disarankan untuk pemakaian maksimal hingga 3 GHz, sedangkan RG58 maksimal hanya 1 GHz saja.

Berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pigtail RG316 pada antena grid 2,4GHz ternyata mampu memberikan penerimaan sinyal wifi yang lebih bagus daripada pigtail RG58. Untuk ujicoba ini saya memakai antena grid dan access point yang sama. Tertarik untuk mencobanya?


    { 0 komentar... read them below or add one }

    Posting Komentar