Polarisasi Antena

Diposting oleh Unknown on Minggu, 17 Februari 2013

Antena grid parabolic yang saya pakai menerima sinyal wifi di rumah dirancang bekerja pada frekuensi gelombang 2,4 GigaHertz. Antena pemancar mengubah tenaga listrik menjadi gelombang radio. Gelombang radio disini berupa radiasi elektromagnetik, terdiri dari medan listrik dan medan magnetik yang merambat saling tegak-lurus.

Antena grid parabolic yang saya katakan diatas dapat diatur pemasangannya sehingga memiliki polarisasi vertikal ataukah horisontal. Apa sebenarnya polarisasi antena ini? Polarisasi antena adalah orientasi medan listrik dari gelombang radio terhadap permukaan bumi, dan ditentukan oleh struktur fisik serta orientasinya. Terdapat istilah antena "vertikal", "horisontal" dan "circular". Contoh sederhana antena berupa kawat lurus memiliki suatu polarisasi ketika dipasang secara tegak, dan memiliki polarisasi yang berbeda ketika dipasang secara mendatar.


Dari gambar diatas tampak jelas bahwa pemasangan antena penerima dalam polarisasi vertikal ataukah horisontal hal itu bergantung kepada polarisasi dari antena pemancarnya. Jika tak sesuai maka penerimaan tidak akan bisa maksimal atau bahkan tak bisa sama sekali. Berikut contoh pemasangan antena penerima jenis grid parabolic dalam polarisasi horisontal (kiri) dan vertikal (kanan).


{ 1 komentar... read them below or add one }

Nadha Media mengatakan...

bang saya mw tanya,, antena jenis ini bisa untuk menangkap sinyal dari WISCP, atau hotspot seprti wifi.id gak?

Posting Komentar