Pemasangan Penerima Wifi Memakai Antena Grid dan EnGenius ECB1221R

Diposting oleh Unknown on Minggu, 10 Februari 2013

Access point EnGenius ECB1221R bisa difungsikan sebagai AP Client penerima sinyal wifi. Sayangnya produk ini belum mendukung PoE (Power on Ethernet) seperti pada kebanyakan access point keluaran terbaru belakangan ini. Walhasil, jika ECB1221R ini hendak dipasang diluar bersama-sama dengan antena outdoor maka adaptor catudayanya harus dipasang melalui saluran kabel tersendiri.

Salah satu alasan mengapa saya menggunakan produk ini adalah sensitivitasnya yang bagus. Saya menggunakan box outdoor MG-IP55 sebagai pelindung perangkat access point ini dari terpaan cuaca, mengingat access point harus dipasang sedekat mungkin dengan antena eksternal.


Terdapat tiga saluran kabel yang keluar/masuk box, yaitu:
  1. Kabel untuk daya listrik bagi adaptor access point
  2. Kabel UTP yang menuju ke komputer
  3. Kabel pigtail untuk antena
Selanjutnya, pasanglah kabel pigtail dan UTP pada perangkat access point. Pasang kabel UTP pada salah satu port LAN yang tersedia pada access point, serta lepas antena bawaan dan ganti dengan pigtail cable. Untuk pigtail cable saya gunakan Pigtail Cable RG316.


Setelah kedua kabel terpasang, atur posisi access point didalam box. Kemudian pasang adaptor catudaya pada saluran kabel yang telah disediakan. Gulung kabel adaptor agar mudah ditata dan terlihat rapi.


Selanjutnya, anda bisa mengatur penempatan adaptor dan access point didalam box serapi mungkin. Pastikan tidak ada kabel yang terjepit atau menerima beban tarikan berlebihan supaya tidak menimbulkan masalah kelak ketika sudah dipasang diatas tiang penyangga.


Setelah semuanya beres, anda bisa menutup box serapat mungkin, supaya tidak kemasukan air pada saat cuaca hujan.


Pigtail cable siap dihubungkan ke antena luar.


Saya memakai antena grid parabolic TPLINK TL-ANT2424B sebagai penerima sinyal wifi. Antena ini sudah terpasang sebelumnya pada tiang penyangga. Sehingga sekarang tinggal memasang box dan menghubungkannya dengan access point.


Pastikan bahwa box terpasang dengan kokoh pada tiang. Usahakan sedapat mungkin posisi box tidak miring.


Setelah box terpasang dengan kokoh, kini saatnya menghubungkan antena ke access point yaitu dengan menghubungkan konektor N yang terdapat pada antena dan pigtail cable.


Berikut contoh hasil pemasangan perangkat penerima sinyal wifi dengan antena terpasang pada polarisasi vertikal.


Tentu saja pekerjaan tidak selesai sampai disini, karena kita harus melakukan setting terhadap EnGenius ECB1221R guna melakukan survei sinyal wifi yang akan ditangkap, supaya mendapatkan koneksi internet.

Bersambung . . .


{ 14 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

ahay

Unknown mengatakan...

hasilnya gimana gan??

Unknown mengatakan...

mantap ini kaya-nya
Makasih ya share2 an nya

Anonim mengatakan...

itu box ya apa namanya pak

Gudang Mobile mengatakan...

hasil nya bagai mana om klo yang di target adalah wifi indor seperti modem2 speedy pada umum nya????

Unknown mengatakan...

harga total pembuatan berapa pak

akhmadtaufik_smk_nh mengatakan...

maaf bapak, pada gambar instalasi diatas stop kontak dari arus AC (PLN) kok juga dimasukkan ke dalam box, apakah tidak berbahaya... karena biasanya pemakaian untuk jangka waktu yang lama. pastinya kabel mengalami kerusakan. dan biasanya radio AP merk tp-link sudah disertai POE (power over ethernet) jadi lebih aman.

dwi k mengatakan...

oke pak boleh ikut nyoba ya

soni mengatakan...

thanks mas tutorial ny

Bang mei jhon mengatakan...

ok gan sip skrng rumahnya dimana Gan

Bang mei jhon mengatakan...

Aku minat gan brp kalo pesan?

Wawan Hartanto mengatakan...

Boleh aja kang Meji. Saya masih di Cepu aja koq, di tambakromo

Anonim mengatakan...

stop kontak dari arus AC ikut masuk dalam box, apa tidak bahaya ( rawan petir)

Unknown mengatakan...

itu jalur listriknya kok juga di ikutkan? bukankah itu kita bisa putus 2 sambungan kabel ethernetnya di jadikan penghantar listrik... jauh lebih aman ketimbang sambungan langsung dari pln... di bikin mirip dengan sistem poe pak... jadi lebih aman

Posting Komentar